Anda membutuhkan Domain, Hosting, Web, Portal Jurnal, Toko Online hubungi kami 087736223737 - intermediasolo.net

Hari pramuka yang di gelar di Kwatir Ranting Kecamatan Jatisrono


banner 300250
 

Wonogiri – Pramuka merupakan sebuah organisasi Indonesia yang di resmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 bertempatan di Istana Merdeka Jakarta sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961. Hari ini bertepatan dengan Hari Lahir Pramuka Indonesia yang Ke-58.

Pada tanggal 13 Agustus 2019 kemarin, Kwartir Cabang Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Peringatan Hari Pramuka yang digelar di Kwatir Ranting Kecamatan Jatisrono pukul 19:30 WIB. Upacara pembukaan Peringatan Hari Pramuka dipimpin oleh Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Wonogiri Ir. H. Suprapto, MM. Pada tahun ini tema besar Peringatan Hari Pramuka adalah “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, 13 Agustus 2019 semalam mengangkat tema “Bekerja Untuk Kaum Muda Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa”. Kemudian susunan Upacara Pembukaan yaitu Pembacaan Renungan, Ulang Janji, Doa Bersama, serta acara Tambahan yaitu Sarasehan, Temu Pembina, dan lain-lain.

Pada hari ini diadakan Upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-58, Bupati Wonogiri Joko Sutopo sebagai Pembina Upacara. Adapun Susunan Upacara Apel Besar Hari Pramuka adalah Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pengucapan serta Pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Dasa Darma, dan Dwi Darma kemudian dilanjutkan Amanat Pembina Upacara. Acara juga akan di lanjutkan dengan kegiatan lain yang berkenaan dengan Kepramukaan antara lain Kegiatan Bakti Sosial, Perkemahan, Menyelenggarakan kegiatan ziarah ke taman makam pahlawan dan makam tokoh Pramuka / Pandu serta Melakukan kegiatan bakti sosial, Bumbung Kemanusiaan dan anjangsana ke tokoh Pramuka / Pandu.

Adapun tujuan dari paksanaan Peringatan Hari Pramuka ke-58 yaitu untuk meningkatkan peran serta Gerakan Pramuka dalam membina Generasi Muda Indonesia untuk berperan aktif dan positif dalam pembangunan Nasional dan meningkatkan mutu pendidikan Gerakan Pramuka sehingga berkualitas dan mandiri dalam rangka mempersiapkan kader tunas bangsa dan sumber daya manusia dimasa yang akan datang serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai kepramukaan.

Tak hanya tujuan, kegiatan Peringatan Hari Pramuka ke-58 ini juga memiliki sasaran yang harus tercapai antara lain selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Memantabkan jati diri dan pengamalan Satya dan Darma Pramuka dalam perilaku kehidupan sehari-hari, Memepertebal rasa cinta Tanag Air dan Bangsa, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai kader pembangunan bangsa, dan pemersatukan gerak dan langkah dalam tekad Gerakan Pramuka untuk menjembatani terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Ir. H. Suprapto, MM selaku Ketua dari Kwartir Cabang Kabupaten Wonogiri menyampaikan kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk selalu berpegang teguh pada Satya dan Darma Pramuka serta berlandaskan pada Prinsip Dasar Kepramukaan dengan sebaik-baiknya dalam mengamalkan Kode Etik Gerakan Pramuka.




Loading...
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anda membutuhkan Domain, Hosting, Web, Portal Jurnal, Toko Online hubungi kami 087736223737 - intermediasolo.net